Latest Updates

Ketika Dia Terlalu Menarik

http://hikayahhati.blogspot.com/2010/06/ketika-dia-terlalu-menarik.html
Memilih sesuatu yang indah-indah sebenarnya lumrah lagi alamiah. Berbusana dan penampilan yang indah, memakai kendaraan, perabot, tempat yang indah, hp cakep dan tentu saja pendamping yang keren. Keinginan manusia untuk memilih yang indah-indah sah saja.
Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sendiri pernah berkomentar tentang orang yang suka memakai pakaian dan sandal yang indah bahwa sesungguhnya Allah Maha Indah dan menyintai keindahan. Di dalam Al Quran, Allah juga berfirman,
“Dijadikan indah pada(pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik(surga).” (Ali Imran:14)
Kebolehan tadi bisa tetap dalam kondisi aslinya namun bisa juga berubah. Ia bisa jadi sesuatu yang tercela dan terlarang. Kapankah itu semua tidak menjadi tercela? Apabila manusia paham dengan hakikat keindahan tersebut. Bahwa itu semua hanyalah ujian dan cobaan yang diberikan oleh Allah untuk para hamba. Yang dengan keberadaan hal itu bisa diketahui mana orang yang lebih mendahulukan ketaatan dan ridha Allah dibandingkan kenikmatan dan memperturutkan syahwat. Ia menjadikan semua kenikmatan tadi sebagai sarana untuk berbekal bagi kehidupan akhiratnya. Demikian pula ia menikmati keindahan tadi demi membantunya dalam meraih keridhaan Allah. Fisiknya memanfaatkan kenikmatan tadi namun hatinya tidak terikat dengannya. Namun bila sebaliknya, yaitu menjadikan semua keindahan tadi sebagai tujuan maka semua kecintaan pada keindahan tadi menjadi tercela. Sehingga pikiran, aktivitasnya, lahir batinnya untuk hal tersebut, dan akhirnya lupa dengan tujuan dia diciptakan maka ini akan membuat tambahan kesengsaraan dan adzab dari Allah.
APA MENARIKNYA
Keindahan wanita bagi lelaki tentu saja adalah hal yang paling menggetarkan dibandingkan yang lainnya. Ini ditunjukkan dengan didahulukan penyebutannya dalam ayat di atas “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita..” Cobaan berupa wanita ini bisa dikatakan paling berat dari yang lain-lain. Ingat juga, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengatakan,
“Tidaklah aku tinggalkan setelahku sebuaah cobaan yang lebih berat bagi lelaki selain wanita.”
(Bukhari dan Muslim)
Di sisi yang lain Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga menyebutkan bahwa wanita shaliha bagi seorang suami adalah sebuah perhiasan yang mahal dan terindah di dunia ini.
“Dunia itu adalah kesenangan, dan sebaik-baik kesenagannya adalah seorang wanita shaliha. Apabila ia dipandang oleh suaminya maka ia menyenangkan, bila memerintahnya ia taat, dan bila ia pergi maka ia menjaga dirinya dan harta suaminya.”
Seorang perempuan mesti berusaha dan berbekal diri untuk menjadi shaliha meskipun ia belum menikah. Yah, jelas sebuah pernikahan bukanlah terminal akhir bagi seorang wanita untuk meraih keshalihan. Namun ia hanya menjadi salah satu tahap perjalanan seorang wanita shaliha dalam menempuh perjalanan hidup.
Walaupun bukan sesuatu yang dini bila berbincang tentang pernikahan, namun anggaplah banyak diantara kita yang belum menikah. Seorang perempuan mesti berusaha dan berbekal diri untuk menjadi shaliha meskipun ia belum menikah. Yah, jelas sebuah pernikahan bukanlah terminal akhir bagi seorang wanita untuk meraih keshalihan. Namun ia hanya menjadi salah satu tahap perjalanan seorang wanita shaliha dalam menempuh perjalan hidup. Artinya, shaliha tak harus menunggu ketika seorang wanita telah menikah saja. Namun keshalihan bisa diusahakan dan dimiliki sebelum itu, dan kapan pun waktunya.
FISIK YANG MENARIK
Suka terhadap lawan jenis? Bukan sesuatu yang mengherankan disamping juga bukan istimewa. Karena manusia secara naluriah akan suka dengan lawan jenisnya. Faktor ketertarikan seseorang pada yang lain bisa dibilang beragam. Yang pasti setiap kelebihan entah sekecil apapun akan menarik orang lain untuk menyukai orang tersebut. Beberapa hal yang membuat kita tertarik diantaranya. Cantik, keren, tampan, anggun. Tertarik dengan fisik lawan jenis yang menarik? Bukan sesuatu yang salah tentu saja. Keindahan fisik lawan jenis selalu saja menawarkan daya tarik perdana bagi orang yang melihatnya. Kisah para wanita yang dikumpulkan oleh istri Al Aziz untuk melihat secara langsung bagaimana Nabi Yusuf membuktikan hal ini. Para wanita yang begitu terpesona melihat ketampanan Nabi Yusuf dengan tanpa sadar mengiris jari tangan mereka sendiri. Secara jelas diungkapkan oleh Rasulullah di dalam sebuah haditsnya,
“Seorang wanita itu dinikahi karena empat hal, karena kecantikannya, kekayaannya, keturunannya dan karena agamanya”
APA YANG MESTI DILAKUKAN
Siapa yang bisa mencegah hati untuk mencintai seseorang? Namun memang ada rambu-rambu yang mesti diperhatikan agar rasa suka tersebut tidak megarah pada hal-hal yang membuat jadi dosa. Apa yang sebaiknya kita lakukan bila tertimpa rasa suka pada lawan jenis?
1. Langsung Melamar
Kalau memang sudah mampu, langsung lamar dan menikahlah dengan orang yang kamu sukai. Mau apa lagi, karena inilah hal yang memang puncak yang diinginkan oleh jiwa. Sebagaimana nasihat Nabi Muhammad bagi para pemuda yang telah memiliki kemampuan untuk menyegerakan pernikahan.
2. Jaga Hati dan Pandangan
Cara ini yang harus ditempuh saat kemampuan menikah belum kunjung datang. Pandangan dan hati yang terjaga dari banyak melihat dan mengigat dirinya akan menyelamatkan seseorang dari terjebak pada perbuatan-perbuatan yang bisa mengantarkan pada perzinaan.
Sumber:
Diketik ulang dari Majalah Elfata Edisi 02 Volume 10-2010


0 Response to "Ketika Dia Terlalu Menarik"

Post a Comment