Latest Updates

Obama Tegaskan Penarikan Milter AS Dari Irak; Benarkah Terjadi?


Presiden AS, Barack Obama telah mengonfirmasi bahwa 31 Agustus merupakan akhir dari semua operasi tempur AS di Irak.
Sekitar 50.000 dari 65.000 pasukan AS masih berada di Irak saat ini. Mereka dijadwalkan tetap di Irak sampai akhir tahun 2011, untuk membimbing pasukan Irak dan melindungi kepentingan AS.
Obama menyatakan bahwa akhir operasi akan tiba "seperti yang dijanjikan dan sesuai jadwal."
Sementara itu, sengketa tengah mencuat antara Amerika Serikat dan Baghdad sehubungan dengan angka korban terakhir di Irak.
Inti dari pidato Obama adalah pemenuhan janji kampanyenya untuk mengakhiri perang Irak.
Obama membuat pengumuman dalam pidatonya di konvensi nasional the Disabled American Veterans in Atlanta, Georgia.
Menurut Obama, 50.000 pasukan yang tersisa di Irak dimaksudkan untuk melatih pasukan keamanan Irak, operasi kontraterorisme dan melindungi warga sipil Irak.
Perjanjian negosiasi dengan Irak pada tahun 2008 menyatakan bahwa pasukan asing harus pergi dari Irak akhir tahun depan.
"Jangan salah, komitmen kami di Irak saat ini sedang berubah, dari militer yang dipimpin oleh pasukan tentara menjadi upaya sipil yang dipimpin oleh diplomat."
Sementara itu, menurut militer AS, 222 orang tewas dalam serangan bulan lalu. Baghdad mengatakan 535 orang telah tewas dan menjadikan Juli 2010 sebagai bulan paling mematikan dalam dua tahun terakhir.
"Klaim bahwa Juli 2010 adalah bulan paling mematikan di Irak sejak Mei 2008 adalah tidak benar," kata pernyataan militer AS.
AS tidak memberikan penjelasan lengkap tentang mengapa terjadi perbedaan angka ini.
Bagikan

0 Response to "Obama Tegaskan Penarikan Milter AS Dari Irak; Benarkah Terjadi?"

Post a Comment