Latest Updates

70 Tahanan Palestina Gugur Syahid Akibat Siksaan di Penjara Israel


Ramallah – Infopalestina: Sebuah laporan HAM Palestina mengungkap bahwa ada 70 warga Palestina gugur syahid akibat siksaan Israel di penjara mereka sejak tahun 1967.
Laporan yang dibuat oleh peneliti khusus urusan tahanan Abdun Nasher Farawnah ini menambahkan, puluhan tahanan Palestina meninggal syahid setelah mereka dibebaskan akibat bekas luka siksaan ketika berada di tahanan Israel. Sementara itu, ada ratusan eks tahanan Palestina yang hingga kini masih mengalami penyakit fisik dan psikis dan cacat tetap serta akut akibat siksaan Israel di penjara selama mereka ditahan.
Farawnah mengingatkan bahwa daftar korban tahanan yang meninggal akibat siksaan di penjara Israel bukan berarti tahanan perempuan tidak mengalami siksaan. Banyak sekali saksi dan bukti yang menegaskan adanya siksaan Israel terhadap tahanan wanita, tahanan tua dan tahanan sakit.
Farawna meminta kepada PBB dan lembaga-lembaga dunia lainnya untuk membentuk tim investigasi internasional soal berbagai cara penyiksaan fisik dan psikis di dalam penjara Israel atau yang disahkan oleh Israel secara hukum. Lembaga internasional harus serius menghentikan tindakan Israel dan melarangnya diterapkan di dalam penjara. Selain itu Israel harus ditindak tegas atas pelanggarannya terhadap undang-undang yang terkait dengan penyiksaan tahanan. (bn-bsyr)


Bagikan

0 Response to "70 Tahanan Palestina Gugur Syahid Akibat Siksaan di Penjara Israel"

Post a Comment