Latest Updates

Cegah Insomnia Dengan Cara Alami

Sebanyak 67 persen wanita sering mengalami masalah atau gangguan tidur. Menurut penulis buku 'Insomniac' karya Gayle Greene, mengungkapkan kesulitan tidur bagi para wanita mulai dialami saat mereka memasuki masa pubertas. Pada masa ini wanita memiliki risiko dua setengah kali lebih besar mengalami insomnia daripada pria. Jangan remehkan gejala insomnia. Begitu banyak bahaya mengintai jika gangguan tidur ini disepelekan. Bukan hanya menyebabkan kerugian psikis, namun juga penurunan sistem kekebalan tubuh.

Fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang terjadi sepanjang siklus kehidupan wanita, ternyata dapat mengganggu aktivitas tidur karena beberapa alasan. Perubahan hormon tersebut dapat menyebabkan depresi dan kecemasan yang mengubah pola tidur.

Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan peningkatan berat badan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan tidur Anda terganggu. Bahkan, terkadang sering menimbulkan gangguan pernapasan yang mengganggu tidur.

Tidak hanya sulit tidur. Gejala insomia juga meliputi sejumlah kondisi seperti sering terjaga saat terlelap dan sulit tidur lagi, tidur gelisah, bangun terlalu cepat, atau merasa lelah saat bangun. Ada tiga tingkatan insomnia. Sementara: berlangsung tak lebih dari sepekan, dan umumnya disebabkan stres. Sedang: satu sampai empat minggu, yang dipicu stres berlanjut atau penyakit akut. Kronis: berlangsung lebih sebulan akibat hormon dan struktur kimia dalam otak. Insomnia kronis memicu penyusutan otak.

Cara yang paling umum untuk mengatasi timbulnya fluktuasi estrogen dan progesteron yang menyebabkan gangguan tidur adalah dengan meningkatkan suhu tubuh. Wanita yang mengonsumsi pil KB, wanita dengan sindrom pramenstruasi, dan wanita menopause biasanya mengalami peningkatan suhu tubuh pada malam hari. Suhu tubuh kita secara alami bisa menenangkan diri seperti pada saat kita tertidur, sehingga apa pun yang membuat tubuh tetap hangat juga membuat kita tetap terjaga.

Jika Anda berkeringat saat belum tertidur, coba lakukan sesuatu seperti mandi air hangat atau berolahraga satu jam setengah sebelum tidur, dan cobalah untuk tenangkan diri. Suhu tubuh Anda meningkat dengan mandi atau latihan fisik dan kemudian mulai menurun saat Anda menenangkan diri. Jika sudah merasakan ketenangan, berarti itu adalah waktu yang tepat untuk segera tidur.

Banyak cara digunakan untuk memerangi gangguan tidur. Sebagian besar orang memilih memecahkan masalah insomnia dengan pil tidur. Padahal mengatasi gangguan tidur dengan obat-obatan sangat tidak sehat karena menyebabkan ketergantungan.

Agar terlelap tanpa obat-obat kimia, para ahli meramu beberapa langkah sederhana berikut ini.

1. Tidur dengan posisi tengkurap atau miring pada tubuh bagian kiri. Gunakan bantal yang rendah. Posisi tidur ini akan membantu cepat tertidur dan meningkatkan fungsi usus.

2. Tidurlah dengan jadwal yang sama setiap harinya dan dalam suhu ruang. Hindari minum alkohol dan teh kental sebelum tidur karena dapat mengganggu tidur Anda.

3. Sebagai obat tidur, gunakan bantal herbal dengan isi pakis, daun salam, daun kenari, mint, geranium, daun pinus jarum, serta kelopak mawar atau campuran herbal lainnya. Isi bantal dengan campuran herbal kering dan gunakan pemanas. Bisa juga meletakkan kantung herbal dibawah bantal agar bisa segera tertidur.

4. Mandilah dengan minyak esensial aromatik hangat (mint, chamomile, atau jeruk), herbal aromatik (cemara jarum, marigold, mint atau oregano) atau valeriana. Setelah mandi dan mengeringkan tubuh, segeralah tidur.

5. Minum teh herbal sebelum tidur (hawthorn, labu madu, chamomile, kunyit, valeriana, jintan, hop cones)

6. Menciptakan lingkungan kamar tidur yang hangat dan ramah tidur nyenyak dengan menghindari interior berwarna merah, bau-bauan tajam, termasuk bunga dengan warna dan bau terlalu tajam.

Selain cara-cara di atas, ada pula beberapa makanan yang dapat membuat tidur lebih berkualitas:

Pisang
Mengonsumsi snack berkarbohidrat tinggi seperti pisang akan meningkatkan kadar tryptophan dalam otak. Senyawa amino itu meningkatkan konsentrasi serotonin yang membuat seseorang mengantuk.

Wijen & Biji Bunga Matahari
Biji-bijian kaya magnesium itu sangat bermanfaat untuk relaksasi otot. Mengonsumsi segenggam pada malam hari sangat baik untuk penderita gangguan tidur akibat stres.

Susu
Minuman hangat mengandung susu bermanfaat meredakan nyeri tubuh. Kandungan susu juga mencipta gula alami yang dapat menstimulasi produksi serotonin.
Bagikan

0 Response to "Cegah Insomnia Dengan Cara Alami"

Post a Comment