Latest Updates

Perang Baru Israel - Palestina: Mengedit Wikipedia


Perang regional berikutnya yang akan terjadi adalah perang media, kepala Sindikasi Jurnalis Palestina Nasser Abdul An-Najar, berkata.
Berbicara kepada Ma'an Radio Network, An-Najar mengatakan bahwa wartawan Palestina sekarang berada pada garis depan dalam memerangi pelanggaran Israel.
An-Najar membahas laporan yang beredar secara luas mengenai program "mengedit Zionis" diluncurkan di Yerusalem minggu ini, yang melatih peserta tentang cara menulis ulang entri Wikipedia. Ensiklopedia online tersebut adalah hasil pekerjaan bersama, yang siapa pun dapat mendaftar untuk mengedit, dan merupakan salah satu situs paling populer di internet.
Entri di situs ini termasuk status berbagai pemukiman ilegal, Yerusalem dan kebijakan Israel di Gaza.
Kelompok-kelompok Israel di belakang proyek tersebut mengatakan kepada harian Inggris The Guardian bahwa mereka ingin memperbaiki keseimbangan masyarakat dengan mengedit situs, yang mereka klaim didominasi oleh para aktivis pro-Palestina.
An-Najar berkata PJS berencana untuk membentuk kelompok pengedit untuk menangkal tindakan tersebut, dan meminta Otorita Palestina untuk mendukung upaya tersebut.
Selama bertahun-tahun, Wikipedia telah menjadi medan pertempuran sengit antara sayap kiri dan kanan Israel. Salah satu kunci pertempuran adalah mengenai entri untuk Bil'in dan apakah perjuangan mingguan di desa dekat pagar keamanan itu harus dijelaskan sebagai kekerasan.
Pertempuran lainnya adalah atas deskripsi dari Ariel University Center. Apakah itu "perguruan tinggi publik terbesar di Israel"? Atau haruskah institusi di Ariel tidak dianggap sebagai di Israel? Sehingga sebuah kompromi tercapai: itu adalaah "perguruan tinggi umum terbesar Israel."
Sekarang Dewan pemukiman Yesha dan kelompok sayap kanan lain, Israel Sheli, yang memulai pertempuran mengedit Wikipedia. Kursus mengedit ala zionis ini pertama diadakan di Yerusalem.
"Idenya adalah untuk tidak membuat Wikipedia menjadi beraliran kanan tetapi untuk membuatnya memasukkan sudut pandang kami," kata Naftali Bennett, direktur Dewan Yesha.
Kursus ini dirancang untuk mengajarkan cara untuk mendaftar, berkontribusi dan mengedit untuk Wikipedia.
Tujuan penyelenggara ada dua: untuk mempengaruhi opini publik Israel dengan orang yang memiliki pandangan ideologis yang sama dengan mereka untuk mengambil bagian dalam menulis dan mengedit untuk versi Ibrani, dan menulis dalam bahasa Inggris sehingga citra Israel dapat didukung luar negeri.
Dewan Yesha juga mengumumkan hadiah untuk "Editor Zionis Terbaik", orang yang selama empat tahun ke depan memberi perubahan paling "Zionis"di ensiklopedia itu. Ensiklopedis yang beruntung itu akan menerima perjalanan dalam balon udara di atas Israel.
Sekitar 50 orang ambil bagian dalam kursus ini, hampir semua dari mereka relijius dan banyak yang berasal dari pemukiman. Ruthie Avraham, yang tinggal di Beit El dan bekerja dalam media, berkata dia sudah tahu subjek dari entri Wikipedia pertamanya yang telah ia rencanakan untuk ditulis.
"Catatan itu mengenai keluarga Yahudi," katanya. "Kalimat pertamanya akan berbunyi bahwa keluarga Yahudi adalah respon akhir terhadap krisis isolasi Barat dan kurangnya kasih sayang."
Menurut Einat Bornstein, peserta lain dalam kursus, "Saya datang ke sini untuk memberikan sesuatu. Saya pikir orang takut untuk menulis tanggapan berhaluan kanan.."
Dia tidak ragu-ragu ketika ditanya tentang entri pertama yang berniat ia untuk berikan sebagai kontribusi. Itu mengenai Hanin Zuabi, anggota Knessett Arab yang ambil bagian dalam armada tersebut. "Dan juga tentang armada Turki dan pemukiman dan perusahaan pemukiman."

Bagikan

0 Response to "Perang Baru Israel - Palestina: Mengedit Wikipedia"

Post a Comment