Latest Updates

Keharmonisan Rumah Tangga

Assalamu'alaikum

Ustadz, apa saja tips syari'ah dalam menjaga keharmonisan rumah tangga ?

(Permana)

Jawab :
Menjaga keharmonisan rumah tangga itu akan lebih bisa dilaksanakan bila suami istri masing-masingnya dalam ketaqwaan kepada Allah dan berupaya mencapai ketaqwaan itu. Dimana ketaqwaan mengandung sikap taat kepada syari'at Allah dan selalu berdzikir kepada Allah serta selalu mensyukuri nikmat Allah.

Disamping itu suami istri masing-masingnya harus membekali diri dengan ilmu syari'ah yang mengajarkan kepadanya tentang hak-hak dan kewajiban dalam berumah tangga. Juga untuk keharmonisan rumah tangga maka suami istri dituntunkan untuk menjadikan pernikahan keduanya dalam rangka kepentingan memuaskan diri dalam perkara yang halal dan menjauhkan diri dari perkara yang haram. Sehingga keduanya dapat terhindar dari zina dan berbagai perbuatan haram yang lainnya.

Kemudian juga suami istri harus saling memaklumi kekurangan dan kesalahan masing-masingnya, dan berupaya bahu-membahu memperbaiki kekurangan dan kesalahannya itu. Dan jangan sampai membeberkan kesalahan dan kekurangannya itu kepada orang lain, bahkan tidak pula membeberkan kepada orang tua dan saudaranya masing-masing. Sehingga tidak memberikan peluang bagi pihak ketiga untuk menyelinap disela-sela problema rumah tangga itu guna memancing di air keruh.

artikel anchaznet.com
Bagikan

0 Response to "Keharmonisan Rumah Tangga"

Post a Comment