Latest Updates

Dukung Gaza, Aktivis AS Kumpulkan Dana Beli Kapal

 Rencananya, kapal tersebut akan berlayar ke Gaza pada Oktober mendatang


Dukungan terhadap rakyat Gaza seperti bola es. Sejumlah warga Amerika Serikat (AS) ikut menentang blokade Israel atas Jalur Gaza, Palestina. Baru-baru ini, mereka meluncurkan penggalangan dana secara daring (online).

Dana tersebut akan digunakan membeli kapal pengangkut bantuan ke Gaza dan nama kapal sudah siapkan, yakni The Audacity of Hope (Keberanian Berharap), yang merupakan judul buku kedua Presiden Barack Obama yang laris manis.

Rencananya, kapal tersebut akan berlayar ke Gaza pada Oktober mendatang. "Kami berencana mengirim kapal AS ke Gaza, bergabung dengan armada kemanusiaan dari Eropa, Kanada, India, Afrika Selatan, dan Timur Tengah," ujar para aktivis perdamaian dalam situs UStoGaza.org, dikutip nytimes.com, Rabu (21/7).

Menurut para aktivis itu, terealisasinya kapal The Audacity of Hope sangat bergantung pada donatur. Sebab, dana yang dibutuhkan sekitar US$370 ribu untuk membeli kapal berkapasitas 40 hingga 60 penumpang, serta membayar registrasi kapal.

“Dari dek Audacity of Hope, kami akan berada pada posisi yang unik, menentang kebijakan luar negeri AS demi memperkuat jaminan universal terhadap HAM dan hukum internasional," sebut mereka.

Salah satu nama yang tertera di situs tersebut adalah Rashid Khalidi, profesor keturunan Palestina di Columbia, yang persahabatannya dengan Obama menjadi isu kampanye negatif yang dilancarkan kubu John McCain, dalam pilpres 2008 silam
Bagikan

0 Response to "Dukung Gaza, Aktivis AS Kumpulkan Dana Beli Kapal"

Post a Comment