Latest Updates

Konvoi Yordania untuk Gaza Kembali Ditolak Mesir

Aneh, kejadian serupa sebelumnya pernah terjadi, dengan cara dan alasan penolakan yang sama
 
Untuk kedua kalinya pihak berwenang Mesir melarang konvoi bantuan untuk Gaza asal Yordania dengan alasan yang sama, tidak ada surat pemberitahuan.

Rombongan aktivis Yordania yang berangkat Selasa pekan lalu (Baca berita sebelumnya Yordania Kirim Ambulan, Mauritania Didelegasikan Wanita) harus tertahan di Aqaba, karena mereka dipersonanongratakan oleh pemerintah Mesir. Hal ini disebabkan tidak adanya surat dari Kementerian Luar Negeri Libanon yang memberitahukan tentang kedatangan mereka.

"Pejabat Mesir mengatakan, mereka tidak pernah mendengar dari Kementerian Dalam Negeri (Mesir) terkait permintaan untuk memberikan izin masuk kepada konvoi. Tapi Kementerian Luar Negeri (Yordania) mengatakan, mereka mengirimkan pesannya," kata Wa'el Saqa yang menjadi kepala rombongannya kepada Yordan Times (18/7).

Namun pejabat dari Kemenlu Yordan menyangkal hal tersebut. Mereka mengatakan, sejak hari pertama telah mengontak sejawatnya di Mesir.

"Kami mengirim surat kepada pemerintah Mesir untuk memintakan izin bagi konvoi, tap kami tidak bisa memaksa Mesir untuk memperbolehkan konvoi itu masuk. Mesir bertindak sesuai dengan kedaulatannya," kata sumber dari Kemenlu Yordania.

Sementara mereka mengontak para pejabat yang berwenang, para aktivis memutuskan untuk tetap bertahan di Aqaba. Mereka bertekad menembus Gaza guna mengirimkan sendiri bantuan yang dibawanya.

Namun, pemerintah Mesir yang tidak memperbolehkan mereka masuk, menyarankan agar bantuan yang dibawa oleh 25 truk berikut sebuah ambulan yang akan disumbangkan ke Gaza, dikirim melalui Jordan Hashemite Charity.

Entah ada masalah apa dengan konvoi asal Yordania ini sebenarnya, karena sebelumnya mereka juga tidak bisa sampai ke Gaza dengan alasan yang sama. 

Bagikan

0 Response to "Konvoi Yordania untuk Gaza Kembali Ditolak Mesir"

Post a Comment