Latest Updates

"Istri Suka berkata 'Cerai' "

Assalamu'alaikum Warahmatullah,
Ustad, nama saya Imron (29) menikah sudah dua tahun. Saya menghadapi masalah keluarga. Setiap marah-marah, istri saya senantiasa mengucapkan kata cerai. Saya sering tak menerima semua itu. Apa yang harus saya lakukan? Saya benar-benar bingung.
Terima kasih atas nasehat dan sarannya:
Wass
Imron-Nganjuk, Jawa Timur
Ustad Ainur Rofiq menjawab:
Wa alaikum salam Warahmatullahi wa barakatuhu
Mas Imron yang dirahmati Allah
Dari apa yang anda ceriterakan, nampaknya kehidupan keluarga anda tidak ada masalah yang berarti. Semuanya bejalan dengan lancar. Konflik-konflik kecil antara suami istri dalam kehidupan rumah tangga itu suatu hal yang wajar. Hampir setiap pasangan pernah mengalaminya.
Hal yang nampaknya belakangan ini mengganggu anda adalah pertengkaran-pertengkaran kecil dengan istri yang selalu berujung dengan ucapan minta dicerai.
Dalam ajaran Islam, hanya pria yang berhak untuk menthalaq (menceraikan) istrinya. Jika kata cerai itu keluar dari pihak istri, maka tidak dapat menjatuhkan talak. Berbeda jika kalimat itu keluar dari suami.
Jika demikian, apa yang sebaiknya anda lakukan?
1. Berikanlah penjelasan tentang hakekat pernikahan dalam Islam. Pernikahan itu suatu perjanjian yang suci dan kokoh. Tidak boleh mudah dibatalkan tanpa alasan-alasan yang dibenarkan oleh syari'at.
2. Bangun hubungan komunikasi yang lebih baik dengan istri, agar bisa saling terbuka, saling memahami apa yang menjadi harapan dan kebutuhan masing-masing.
3. Ajaklah istri anda untuk meningkatkan pemahamannya tentang Islam agar tidak tergelincir kepada sikap dan perilaku yang menjauhkan rahmat Allah. Ini bisa dilakukan dengan mengikuti majelis pengajian atau membaca buku-buku Islam.
Semoga anda selalu dirahmati oleh Allah SWT.
Pengasuh.
Bagikan

0 Response to ""Istri Suka berkata 'Cerai' ""

Post a Comment